Rabu, 13 Januari 2010

English summary unit 23

UNIT 23

VERBS AS COMPLEMENTS













-47-


















































-48-

CARA CEPAT MENGERJAKAN SOAL SPMB BAHASA INGGRIS
READING COMPREHENSION
1. Apabila ditanya topik ( topic ), harus diingat bahwa topik dalam bahasa inggris diasmoaikan hanya dalam dua cara : dedukatif, terekplisit di kalimat awal, dan indukatif, terekplisit di kalimat akhir. Namun, teks soal SPMB selalu mengambil bentuk ilmiah ( scientific) yang mana selalu dinyatakan secara dedukatif. Maka untuk mencari jawaban dari pertayaan topic, kita tinggal cari diantara pilihan jawaban yang manakah yang sama/mirip/senada dengan kalimat awal di wacana, baru kita lihat kalimat akhir dari wacana, indukatif.
2. Langkah mencari pikiran utama ( Main information / main idea ):
a. karena pikiran utama hanyalah suatu penembanan topic, maka carilah pilihan pada pernyataan pikiran utama yang kata katanya / kalimatnya sama / searti dengan pada jawaban topik. Topik dan pikiran utama akan membicarakan hal yang sama.
b. Langkah lain adalah dengan menggabungkan gagasan pada kalimat pertama dan kedua dari wacana. Hasil penggabungan akan menjadi pikiran utama.
c. Bisa juga dengan menggabungkan gagasan pada kalimat pertama dan gagasan kalimat terakhir ( Gabungan kalimat dedukatif dan inukatif campuran )
d. Apabila ada urutan seperti dinyatakan dengan ungkapan : first...,second.....dst. atau one...,two...three...dst atau dengan urutan a/b/c, maka yang diurutkannya itulah pikiran utama, sementara penggurutannya hanya merupakan pemberian/ pikiran pendukung/ penjabaran.
Urutan diatas menunjukkan prioritas, jadi rumus 2 b digunakan bila dengan rumus 2a jawaban belum ditemukan, dan rumus 2c bila dengan rumus 2a dan 2b jawaban tidak diketemukan, dan seterusnya.
3. Bila ditanya kesimpulan ( Conclusion ), gabunakanlah inti sari gagasan pada paragraf pertama dan paragraf terakhir.
4. Bila titiannya tujuan utama penulis menuliskan teks tersebut, inti sari paragraf pertama adalah jawabannya. Dan bila terdapat sebuah klaimat pertanyaan pada paragraf pertama, maka si pertanyaan itu adalah ambaran dari tujuan penulis akan apa yan hendak disampaikannya.
5. Untuk menjawab pertanyaan sebab akibat ( dengan ciri : why....?, atau because/as/ since… ) pertama tama cari pertanyaan yang sama dengan kalimat soal di wacana. Bila sudah didapatkan, lihatlah satu kalimat sebelum dan atau sesudah kalimat tadi. Jawaban biasanya terletak pada satu kalimat sebelum dan atau sesudah pertanyataan kalimat yang sama dengan kalimat tadi.
6. Bila ditanya inti cerita ( dengan ciri soal : The text tell us abaut ...., what is the text about?, what is the topic of the text? What is the suit able title for the text?

Untuk menjawabnya, bacalah kalimat pertama dari setiap paragraf. Lalu gabungkan gagasannya.

-49-
7. Untuk menjawab pertanyaan melengkapi gagasan ,tinggal lihat dicerita pernyataan yang sama dengan soal dan lihat kelanjutan kalimat tersebut itulah jawabanya.
8. Ruang lingkup kisaran soal bertajuk : Conjuncition/ kt. Hubung derivatives/kt jadian, vocabulary/ kosa kata, phrase building/ pembentukan frase, dan systematic related word /kebertalian kata.
a. Untuk soal conjunction , setiap ada pilihan semakna dengan pilihan lainya maka dianggap salah . Carilah pilihan jawaban yang memiliki arti paling berbeda – tidak memiliki kesamaan dengan pilihan jawaban yang lainya,
b. Untuk soal derivatives, lihat bab derivatives berikut.
c. Untuk soal vocabulary, pilihan yang memiliki kesamaan arti dengan pilihan lainya dianggap salah.
d. Phrase building adalah hubungan antara kata tertentu dengan rangkaian preposisi yang mengikutinya. Oleh karena itu ,lihatlah kata / preposisi yang terletak setelah titik-titik di soal untuk menentukan kata apa yang tepat sebagai jawaban .
e. Systemated related word, kata yang ditentukan oleh konteks kalimat sesudah dan sebelum kalimat / frase dimaa soal itu berada. Maka lihatlah kalimat / frase sebelum dan atau sesudahnya untukmenentukan pilihan kata yang tepat dalam mengisi soal .

TENSES

Bila ada ’ clue ’ Cari jawabanya berupa ;



1. Since + nama waktu
- ever since have/ has + been + V+ing
- for
-over + durasi waktu
-all
2. Since
( Ditanya kalimat yang Verb 2 ( Past tenses )
Mengikuti kata ‘ since ‘ )
3– for + durasi waktu + Kalimat / ket.
Waktu lampau /past had + been + v + ing
4. – for + durasi waktu + kalimat/
Ket. Waktu mendatang will + have been + V ing
- all next
50


5. a. When + kalimat lampau ( past ) kalimat lampau ( past )
( utamakan was / were + Ving , bila ada )
b. When + present b. kalimat present/ future ( asal bukan past )
6. By + ket .waktu / kalimat mendatang will + have + V 3
7. This time next will + be + V ing
8. Bila ada pertanyaan dalambentuk lampau , cari jawabanya dalam bentuk lampau dan bila ada pertanyaan dalambentuk present , cari juga jawaban dalam bentuk present .
( Jawaban dan pertanyaan harus bertenses sama )
a. When do / does ..............? present /V 1
b. When ( did ………) ? past continuous / past tense
( was / were …..) ? was / were + V ing / V 2
( Past tense digunakan tatkala past continuousnya tidak
Ada atau tatkala terjadi stative verb , bentuk verb
Yang tidak boleh pakai continuous. )
c. Why ( did ………) ? past perfect / had + V 3
( Was / were …… ) ?
9. a. Kalimat past + after + ……… Past perfect
( ditanya kalimat yan hadir setelah had + V 3
’ after ’
b. ...........+ after + kalimat past Past tense
( ditanya kalimat yan hadir V 2
Sebelum ’ after ’ )
c.. Kalimat past + before + ……… Past tense
( ditanya kalimat yang hadir V 2
Setelah ‘ before ‘ )
d. ……….+ before + Kalimat past Past perfect
( ditanya kalimat yan hadir had + V 3
Sebelum ’ before ’

CONDITIONAL SENTENCES

Pola dasarnya soal – soal tentang conditional hanya berkisar pada tiga ruang lingkup :
Melengkapi , mengartikan suatu conditional , dan membuat conditional berdasarkan fakta / data yang diberikan :
1. Bila kita diminta untuk melengkapi tingal ingat saja pola apa yang sudah muncul :


51



Jika yang muncul Cari jawabanya



a. If + Verb 1/ is/am /are will / shall
will /shall if + verb 1 / is /am / are
b. if + V 2 / were would/could/might + verb 1 /( bukan perfective )
would/could/might + Verb 1 / be if + verb 2 / were ( bukan perfective )
c. if + had + Verb 3 /been (perfective ) would/could/ might have verb 3 / been ( perfective )
would/could/might + have verb 3/ if + had verb 3 / been ( Perfective )
been ( perfective )

2. Bila diminta untuk mengartikan conditional, tinggal diingat :
Jika yang muncul cari jawabanya


a. will/ shall sesutu yang mungkin terjadi ( perharps /
possible / probable )
b. Would/ could / miht + verb 1 / be jawaban dalam bentuk present dan sesuatu
( bukan perfective ) yang sebaliknya dengan yan dinyatakan soal.
c. Would/ could/might have V 3 / jawaban dalam bentuk past dan sesuatu yang
been ( perfective ) sebaliknya dengan sesuatu yang dinyatakan soal

3. Bila diminta untuk membuat conditional ( lamunan ) berdasarkan fakta yang ada,maka tinggal diingat :
Jika yang muncul cari jawabanya



a. fakta dalam bentuk present would/could/ might + verb 1 /be dan
pernyataan berkontradiksi dengan fakta.
b. Fakta dalam bentuk past would/ could/ might + have V 3 / been
dan pernyataan berkontradiksi denan fakta.

CAUSATIVE

1. Bila kita dihadapkan pada pilihan jawaban yang hanya meminta untuk menentukan bentuk kata kerja , dan di soal kebetulan terdapat kata ’ has/ have/ had ’ maka pergunakan rumus berikut :
52



Have / has / had + orang verb 1
+ benda verb 3


2. Bila kita dihadapkan pada pilihan jawaban yan hampir kesemuanya memiliki kata ‘ have/ has/ had ‘ , lalukita hanya disuruh untuk memilih ‘ have/ has / had’ mana yang benar , inat kita hanya mencari yan berpola sbb :
Have/ has / had + orang + verb 1
Atau
Have/ has / had + benda + verb 3

RELATIVE PRONOUN

Untuk menentukan relative pronoun mana yang tepat , kita tingal lihat kata sebelum dan sesudah titik- titik di soal :

Kata sebelum jawab kata sesudah


1. Orang who to be /modal/ verb ( kata kerja )
2. Orang whom nama orang/ possessive adjective / pronoun
3. Orang whose benda / binatang
4. Benda atau binatang which/that to be / modal / verb / pronoun / nama orang
5. Ket. Tempat where nama orang / pronoun / modal/ veb dll.

MODALS
Rumus 1 ; bila terdapat pilihan jawaban yang searti/ semakna maka dianggap salah karena
Tidak pernah terjadi / terdapat jawaban ganda.
Rumus 2 : Bila soal dinyatakan dalam bentuk lampau , atau mengisyaratkan sesuatu yang sudah
Terjadi, pilihan jawaban dalam pola modal perfective.
Rumus 3 : Bila soal mengisyaratkan sesuatu yang terjadi sekarang , maka hindari pilihan modal
Perfective.
Rumus 4 : Hindari pilihan would + would + have V 3/ been , bila di soal tidak terdapat kata ’ if
Unless, atau ‘ otherwise, karena would have umumnya hanya digunakan untuk pola
Conditional.
53


DERIVATIVES

1. Kata yang paling menentukan dalamsoal derivatives adalah kata setelah titik titik

CARI JAWABANYA BILA YANG MUNCUL

a. kata kerja ( …d/ed,…..ing )
adverb ( ....ly )
b. kata benda
kata sifat
c. kata benda
kata keterangan


2. Bila setelah titik titik bukan kata benda / kerja/ sifat maka kata yan menentukan adalah
Kata sebelum titik titik.

KATA YANG MUNCUL CARI JAWABAN

a. Kata keterangan kata kerja
b. bilangan ;one, two etc. kata benda
c. article : a/ an / the kata benda
d. possessive adjective : my etc kata benda
e. kata sifat kata benda
f. very / quite/ more kata sifat

PARTICIPLE

Apabila active participle ( v ing ) muncul diawal kalimat hendaknya diperhatikan dan diingat bahwa bentuk active participle tersebut sudah terkandung beberapa arti :
1. Having = setelah ( after )
Having studied English at Express , Tini went home with her friends. =
After she studied English at Express , Tini went home with her friends
2. V-ing ( active participle ) sebagai sub-clause terkandung makna ‘ sedang/ sementara( when
/ while ),’ karena/ sebab ( because , as , since )
Walking along the street , I met an old friend = When I was walkin along the street , I met
An old friend.
54



Loving her, he will do anything for her = because he loves her , he will do anything for her.
3. kata ‘ being ‘ sebagai sub- clause menandun arti karena – because /since/ as
Being ill, my mother had her breakfast brought to her room = because / as / since my
Mother was ill, she had had breakfast brought to her room.

CONJUNCTION

Bila terdapat pilihan conjunction yang memiliki arti sama maka harus dianggap salah karena tidak pernah terjadi terdapat dua pilihan. Carilah pilihan yang bermakna lain dari pilihan lainnya. Berikut conjunction yang semakna :

Therefore , hance , consequently , so
 Howefer, but, neverthelese , yet, still
 Because, as, since, for
 Eventhough, although, though
 Moreover , in addition furthermore ., besides
 When , while
 Despite , inspite of
 Otherwise , unless , or , if not.

PASSIVE VOICE

1. Bila terdapat kata ‘ by + agent ‘ ( pelaku ) ,pilihlah pola pasif ( to be+ V3 ).
2. Bila subject dari kalimat soal berbentuk benda mati dan kata kerjanya transitif pilihlah pola pasif.

SUBJENCTTIVE
1. Subjenctive Wish
¤ Future
Subject 1 + wish ( that ) + subject 2 + could/would/were + V1
¤ Present
a. Subject 1 + wish ( that ) + subject 2 + V2 / were
b. Subject 1 + wish ( that ) + subject 2 + could have V3 / had V3
¤ Past
Subject 1 + wished ( that ) subject 2 + had V3 / could have V3

-55-

2. Subjenctive as is / as though
Present
Subject 1 + verb ( present ) + as if/as though + subject 2 + Verb past: V2 /were
¤ Past
Subject 1 + verb ( past ) + as it/as though+ subject 2 + hjad V3/been
3. Subjenctive would rather
¤ Present
Subject 1 + would rather + subject 2 + V2/were + ket waktu kini
Past
Subject 1 + would rather + subject 2 + had V3 /been+ Ket. Waktu lampau.
¤ Bentuk past dari ‘ to be ‘ dalam sebjenctive selamanya dalam ‘ were ‘ untuk semua subject.





























56

Tidak ada komentar:

Posting Komentar